REVIEW PENYUSUNAN RPP
Forum diskusi group adalah sebuah ruang antara baru yang menjadi tempat sharing dan tempat curhat untuk menyampaikan sebuah masalah tertentu. Khusus untuk FDG kali ini kami sengaja membuatkan bagi bapak-ibu peserta Pelatihan Jarak Jauh Penyusunan RPP PAI SD agar bisanya menjadi penjembatan bagi panjenengan semua dengan Bapak Tutor kita.
Ada beberapa hal yang disiapkan oleh beliau untuk topik FDG kali ini, yaitu:
1. Apa yang bapak/ ibu fahami tentang ciri-ciri pembelajaran abad 21 dan bagaimana strategi penerapan dalam pembelajaran?
2. Apa yang bapak ibu ketahui tentang Regulasi penyederhanaan RPP sesuai SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019?
3. Apakah jika kita sudah membuat RPP dengan standar 13 komponen harus membuat RPP dengan standar SE No. 14 Tahun 2019? Mengapa!
Silahkan 3 pertanyaan ini dijawab menurut pengetahuan bapak ibu
Jawaban bisa diletakkan di kolom komentar
Jangan lupa diberi nama
Ciri-ciri pendidikan abad 21
ReplyDelete1.Menciptakan sekolah yg menyenangkan
2.penguatan pendidikan karakter
3.Membangun ketrampilan komunikasi
4.Kolaborasi
5.Menerapakan pembelajaran yg mengharuskan siswa berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah.
2.Dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang format penyusunan RPP ada 13 komponen yg harus dicantumkan dlm penyusunan RPP ,karna komponen itu terlalu banyak dan membebankan guru ,Maka dari itu menteri pendidikan dan kebudayaan NADIEN MAKARIM mengeluarkan SE nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan format penyusunan RPP sehingga akan lebih efisien,efektik dan berorientasi pada siswa .
3.Tidak harus membuat lagi karena menteri pendidikan dan kebudayaan membebaskan sekolah tentang format penyusunan RPP secara mandiri
1. Pembelajaran abad 21 di tuntut untuk mampu mengintegrasikan kecakapan pengetahuan ketrampilan, sikap serta penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi.pembelajaran yang mengaktifkan siswa berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah.penguatan Pendidikan berkarakter.sedangkan strateginya penggunaan media computer dan juga internet dalam kelas maupun dirumah sangat membantu dalam proses pengajaran dan pembelajaran.
ReplyDelete2. Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid. yang menjadi komponen inti dari RPP adalah tujuan pembelajran , langkah-langkah kegiatan pembelajran, penilaian yang wajib dilaksanakan oleh guru sedangkan komponen lainya bersifat pelengkap.
3. Tidak harus membuat lagi, karena RPP dengan standar 13 komponen sudah mencakup RPP dengan standar SE No 14 tahun2019
1. Pembelajaran abad 21 di tuntut untuk mampu mengintegrasikan kecakapan pengetahuan ketrampilan, sikap serta penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi.pembelajaran yang mengaktifkan siswa berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah.penguatan Pendidikan berkarakter.sedangkan strateginya penggunaan media computer dan juga internet dalam kelas maupun dirumah sangat membantu dalam proses pengajaran dan pembelajaran.
ReplyDelete2. Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid. yang menjadi komponen inti dari RPP adalah tujuan pembelajran , langkah-langkah kegiatan pembelajran, penilaian yang wajib dilaksanakan oleh guru sedangkan komponen lainya bersifat pelengkap.
3. Tidak harus membuat lagi, karena RPP dengan standar 13 komponen sudah mencakup RPP dengan standar SE No 14 tahun2019
Laili Faridatus S
ReplyDelete1.Pembelajaran abad 21
- Terjalin hubungan yang dekat antar guru,siswa dan orang tua
- Guru bertindak sebagai orang tua
- Siswa belajar dengan asyik dan berani mengungkapkan isi hatinya tanpa tekanan
- Guru perlu punya daya kreatif yang unggul,sehingga mampu membawa siswa menjadi lebih baik
2.Penyusunan RPP yang sebelumnya terdiri dari belasan komponen kini disederhanakan menjadi
komponen yaitu:-tujuan pembelajaran
- kegiatan dan
- penilaian
3. Tidak harus membuat lagi.
Rizky Mirza Habibi
ReplyDelete1. Perkembangan perekonomian global dan tuntutan dalam dunia kerja mesti disikapi sekolah dalam menyiapkan siswa. Abad 21 menuntut penguasaan berpikir tingkat tinggi, berpikir kritis, menguasai teknologi informasi, mampu berkolaborasi, dan komunikatif. Proses mencapai kecakapan tersebut dilakukan dnegan memperhatikan taksonomi Bloom yang membagi pengetahuan dalam dua kategori yaitu dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif. Dalam konteks sistem pendidikan nasional disarankan untuk melakukan analisis standar kompetensi dan kompetensi dasar masing-masing kelas, sehingga dapat memberikan wadah yang cukup dalam mengintegrasikan pembelajaran dalam beberapa mata pelajaran.
2. Terkait dengan penyusunan RPP yang sering kali dianggap terlalu banyak memuat komponen sehingga memberatkan guru dalam penyusunannya. Sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2016, RPP memang harus memuat 13 komponen.
3. tidak karena RPP yang sudah dibuat sudah mencakup di dalam RPP dengan standar SE No. 14 Tahun 2019.
1. siswa belajar dengan asik dan berani mengungkapkan isi hatinya tanpa tekanan
ReplyDelete2. guru bertindak sebagai orang tua karena terdapat suasana kekeluargaan di sekolah
3. tidak karena RPP yang sudah dibuat sudah mencakup di dalam RPP sebelumnya
1. siswa belajar dengan asik dan berani mengungkapkan isi hatinya tanpa tekanan
ReplyDelete2. guru bertindak sebagai orang tua karena terdapat suasana kekeluargaan di sekolah
3. tidak karena RPP yang sudah dibuat sudah mencakup di dalam RPP sebelumnya
1. siswa belajar dengan asik dan berani mengungkapkan isi hatinya tanpa tekanan
ReplyDelete2. guru bertindak sebagai orang tua karena terdapat suasana kekeluargaan di sekolah
3. tidak karena RPP yang sudah dibuat sudah mencakup di dalam RPP sebelumnya
_PUDIYAH_
umi mahfudiyah
ReplyDelete1.pembelajaran abad 21 merupakan kegiatan pembelajaran yang ditandai dengan adanya learning skill ( 4C = critical thinking an problem solving - creativity an innovation - communication - collaboration ) skill dan literasi.
strategi yg bisa dilakukan diantaranya penekanan pada kemampuan siswa untuk :
berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dg dunia nyata, menguasai tehnologi informasi, komunikasi dan kolaborasi, menyeimbangkan antara materi dan ketrampilan, memiliki kesempatan dan aktifitas belajar yang variatif, keterhubungan antar kurikulum, menggunakan visualisasi tingkat tinggi dan penilaian formatif.
2. Kebijakan "Merdeka Belajar" dari mendikbud Nadiem AM.yang berpijak pada prinsip efisiensi, efektif dan berorientasi pd siswa. dari 13 komponen mjd 3 komponen ( tujuan, langkah2 pembelajaran, assesment). Dengan demikian guru bisa lebih kreatif dan inovatif.
3. Tidak. RPP yg telah dibuat tetap dapat digunakan / disesuaikan.
NUR HIDAYATI
ReplyDelete1. Informasi (kapan dan di mana saja), dalam penerapan pembelajaran di kelas pembelajaran diarahkan untuk mendorong peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber, bukan hanya diberi tahu. Komputasi (lebih cepat memakai mesin), artinya pelaksanaan pembelajaran diarahkan untuk mampu merumuskan masalah (menanya) , bukan hanya menyelesaikan masalah (menjawab masalah yang ada). Otomasi (menjangkau segala pekerjaan rutin), artinya pembelajarahkan untuk mampu berpiikir analitis dalam pengambilan keputusan, bukan berfikir mekanistis (rutin)
2. Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa.
3. TIDAK,Karena dari RPP yang dibuat sdah mencakup dari keseluruhan.
1.-Membentuk pendidikan berkarakter
ReplyDelete-Menerapkan siswa berpikir kritis
- Menciptakan sekolah yg menyenangkan 2.Penyusunan RPP sudah dsempurnakan
2.Penyusunan RPP sudah d sempurnakan menjadi komponen inti dr RPP adalah tujuan pembelajaran ,kegiatan, penilaian
3.Tidak harus membuat lg,
Jamil Babadan 05
ReplyDelete1. Iri-ciri Pembelajaran Abad 21
a. Memiliki Karakteristik
b. Memiliki Kepribadian yang Matang
c. Memiliki Ketrampilan
d. Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
2. Mengurangi beban Guru agar lebih focus dalam kegiatan belajar mengajar
bersama siswa
3. Kalau RPP komponen 13 masih relevan maka tidak perlu membuat lagi,
tapi kalau kurang relevan maka perlu adanya revisi